Sunday, March 3, 2013

Cara Partisi Hard Drive Windows 7 Tanpa Format

Posted by aries condet  |  at  10:06 PM

Salah satu dari sekian kelebihan Windows 7 dan Windows Vista dibanding deretan versi Windows sebelumnya ialah kamu bisa Resize, Delete dan bahkan membuat partisi baru dengan hanya beberapa klik saja.

Membuat atau me-resize partisi di Windows 7 dapat dengan mudah dilakukan menggunakan sebuah tool bernama Disk Management. Langkah-langkah diposting ini akan membimbing kamu melalui proses membuat partisi hard drive di Windows 7.

Jangan lupa melihat catatan di akhir posting.

Cara Partisi Windows 7 Tanpa Format Komputer


Namun sebelumnya kamu klik Start pada komputer Windows kemudian menuju Computer, lalu ke bagian Manage, lihat gambar berikut ini sebagai contoh.
Jendela “Computer Management” akan terbuka. Di jendela yang terbuka maka klik “Storage” kemudian klik tombol “Disk Management”.
Kini kamu akan melihat semua driver yang berada di komputer kamu.
Kini pilih drive anda ingin partisi. Klik-kanan pada drive itu dan kemudian ke opsi “Shrink Volume”.

Tunggu beberapa saat, kemudian sebuah window akan muncul dimana kamu akan melihat ukuran dari drive dan space yang tersedia untuk di shrink. Di selanjutnya besaran ruang kosong (space) yang tersedia untuk memasukan ukuran partisi.
Peringatan: Ukuran dari partisi baru ini tidak boleh melampaui batas space yang tersedia untuk di shrink.



Tekan Enter setelah semua terisi. Proses in akan memakan waktu beberapa saat untuk komplit tergantung juga besaran partisi kamu inginkan. Setelah selesai proses tersebut, maka sebuah partisi akan muncul dan ukurannya akan sama dengan ukuran kamu masukan dilangkah sebelumnya. Klik-kanan pada partisi baru dan kemudian pilih "New Simple Volume".



Sebuah wizard baru akan muncul membimbingmu pada proses selanjutnya.

Kini saatnya untuk memasukan letter baru untuk drive kamu baru saja buat. Pastikan letter kamu pilih belum di gunakan sebelumnya.

Kemudian halaman format akan muncul dan pilih file sistem NTFS secara hati-hati. Kini beri nama drive sesuai keiniginan kamu. Lalu klik “Next” dan lanjutkan dengan klik “Finish”.


Jika semua langkah diatas diikuti dengan benar, maka kamu telah mempartisi drive Windows 7 tanpa melakukan format pada komputer. Silahkan tulis di komenter jikalau kamu mengalami masalah atau juga pertanyaan seputar artikel ini.
Catatan.

Sebagai catatan, proses ini berfungsi pada Windows 7 Ultimate. Jika kamu gunakan versi Home atau Basic, kamu sebaiknya buat 3 partisi saja dulu, kemudian buat lagi partisi selanjutnya.

Advertisements

Tags Windows
About the Author

Terima kasih untuk kunjungan anda di blog Arena Tips Android.

Terus dapatkan update

Silahkan berlangganan feed lewat email untuk terus update.

Share This Post

Posting nyambung

Ranking

blog 

search Technology 

Blogs Top  

blogs
Proudly Powered by Blogger.
back to top