Cara Cek Verifikasi Data GURU (PTK) Di P2TK DIKDAS 2013

Cara cek verifikasi Data GURU (PTK) di P2TK DIKDAS 2013 ini bisa kamu lihat diposting ini, namun sebelumnya baca dulu pemberitahuannya. Pada tahun 2013 ini SK Dirjen (SK Tunjangan Profesi / SK TP) akan berpedoman pada Data Pokok Kependidikan (DAPODIK) yang tercantum pada Direktorat Pembinaan Pendidikan dan juga Tenaga Kependidikan.

Kemudian data pendidik juga tenaga pendidik ini dikirim sendiri oleh sekolah masing-masing via Aplikasi Pendataan Pendidikan menuju database server DAPODIK via online.

Sistem yang diterapkan ini berefek kepada semua tenaga guru yang telah mengantongi sertifikat pendidik. Data anda miliki sebagai PTK atau guru musti valid, agar tidak ada masalah saat penerbitan SK TP juga pencairan tunjangan sertifikasi. Dan selain itu terdapat data-data berhubungan guru juga PTK di DAPODIK yang sifatnya wajib anda isi, karena hal tersebut pengaruhi program di P2TK DIKDAS.

Cara Cek Verifikasi Data Guru atau PTK di P2TK DIKDAS

Nah sekarang langsung saja kita beralih ke topik utama yakni cara cek verifikasi data guru atau PTK di P2TK DIKDAS.

Langkah 1. Silahkan menuju laman resmi P2TK DIKDAS dengan alamat http://p2tkdikdas.kemdikbud.go.id, atau anda bisa langsung gunakan tautan ini sebagai jalan pintas.

Anda klik yang terdapat dalam lingkaran merah seperti digambar. Pilih salah satunya.

Verifikasi Data Guru
Anda harus login di form tersedia guna melihat data milik anda
Langkah 2. Gunakan NUPTK dan password (kata sandi) yaitu tanggal lahir berformat YYYYMMDD. Contohnya: Andai anda lahir tanggal 15 April 1987 passwordnya adalah: 19870415.

Langkah 3. Jika anda berhasil login masuk, maka kamu akan dapati lembar berisi 20 baris data tampil, berserta informasi validasi. Contohnya berikut ini.


Troubleshooting.

Anda anda alami gagal login, maka anda akan akan dapati alasannya yang tertera dibawah form. Apabila NUPTK anda tidak ditemukan, bisa jadi karena hal-hal berikut ini.

1. Belum mengisi NUPTK di data DAPODIK.
2. Terjadi salah ketik saat isi NUPTK.
3. Atau data data DAPODIK anda belum terkirim ke database.

Untuk mengecek dan merubah guna perbaiki kesalahan pada pengisian data. Maka bisa dilakukan pada aplikasi pendataan yang tersedia di sekolah via operator dan kemudian di transfer kembali ke database DAPODIK.