Thursday, May 9, 2013

Pengertian Globalisasi: Sejarah, Sisi Positif Dan Negatif Globalisasi

Posted by aries condet  |  at  12:08 AM

Definisi dan pengertian globalisasi, globalisasi merupakan sebuah sistem interaksi antara sejumlah negara di dunia dengan tujuan untuk membangun ekonomi secara global. Globalisasi merujuk pada integrasi ekonomi dan masyarakat dunia. Cakupan globalisasi ialah urusan teknologi, ekonomi, politik, dan pertukaran kebudayaan yang dapat terwujud dengan komunikasi modern, transportasi dan juga infrastruktur.

Pada urusan ekonomi, global ekonomi merupakan kondisi ekonomi dunia. Ia merefleksi pada total jumlah dari ukuran aktivitas ekonomi yang sedang berlangsung di dunia. Ini termasuk pada semua produksi, perdagangan, aliran keuangan, investasi, teknologi, tenaga kerja dan kondisi ekonomi di negara-negara dan antar negara.

Sejarah globalisasi.

Meskipun istilah globalisasi baru resmi di kenal pada tahun 1980, namun secara konsep ia telah ada berdekade lalu, bahkan berabad-abad kebelakang. Contohnya perdagangan yang di lakukan kerajaan Spanyol, Portugal, Inggris dan Belanda.

Globalisasi dapat di definisikan sebagai pertumbuhan ekonomi dan integrasi finansial dari ekonomi di seluruh dunia.

Istilah ini secara luas merujuk pada perubahan besar yang terjadi untuk menghapus batasan masing negara dalam urusan keuangan, produksi, penjualan dan pendistribusian barang dan layanan. Dan melihat dunia ini sebagai "satu pasar saja" telah memfasilitasi proses itu.

Cara lain untuk memikirkan proses ini ialah suplai secara global dan rantai. Contohnya, garmen yang di desain di Melbourne. Sedangkan bahannya di dikirim dari China, dimana bahan tersebut di olah. Kemudian bahan tersebut di ekspor ke Fiji, dimana bahan tersebut di kelola agar lebih sempurna. Kemudian mereka di kirim ke Melbourne dan kemudian di distribusikan ke toko-toko untuk dijual. Inilah yang dimaksud aksi rantai kerja-sama global.

Perlu diingat bahwa globalisasi bukan hanya pada urusan rantai perdagangan, namun juga kemampuan dan potensi untuk menembus batasan negara dalam urusan investasi, teknologi, keuangan dan juga tenaga kerja.

Sisi positif globalisasi.

Globalisasi
Globalisasi
Badan-badang internasional seperti World Trade Organisation (WTO) dan International Monetary Fund (IMF) telah lama memfasilitasi urusan globalisasi ini melalui usaha meminimalisir rintangan dalam urusan perdagangan global (seperti urusan tarif dan subsidi) dan penghapusan perdagangan finansial dunia.

Sejumlah negara telah memperoleh keuntungan dari liberalisasi perdagangan kini menikmati pertumbuhan ekonomi dan penurunan angka kemiskinan.

Hasil umum dari globalisasi.

Menurut para ahli ekonomi, ada banyak hasil dicapai dengan globalisasi dan integrasi. Ialah sebagai berikut.

1. Kemajuan perdagangan sebuah negara. Karena globalisasi, penjualan produk-produk yang diproduksi sebuah negara meningkat tajam.

2. Kemajuan teknologi. Karena kebutuhan untuk selalu bersaing, maka pemerintah akan melakukan peningkatan tingkat teknologi dinegaranya.

3. Meningkatkan pengaruh perusahaan di suatu negara. Sebuah perusahaan yang memiliki cabang di sejumlah negara disebut sebagai perusahaan multinasional.

Sisi negatif globalisasi.

Sejumlah pihak melihat arus globalisasi di negara maju juga negara berkembang mengakibatkan hilangnya identitas nasional, tumbuhnya masalah lingkungan dan eksploitasi tenaga kerja.

About the Author

Terima kasih untuk kunjungan anda di blog Arena Tips Android.

Terus dapatkan update

Silahkan berlangganan feed lewat email untuk terus update.

Share This Post

Posting nyambung

Ranking

blog 

search Technology 

Blogs Top  

blogs
Proudly Powered by Blogger.
back to top